Saat berada di kantor bersama teman-teman sendiri, tentu Anda akan
merasa lebih bebas untuk berinteraksi bahkan hingga tertawa terbahak-bahak.
Namun akan beda halnya saat Anda terlibat pertemuan dengan mitra bisnis atau
klien Anda dalam suasana bisnis.
Seperti dilansir dari Business Insider, Kamis
(1/8/2013), peraturan dalam pergaulan sosial pasti agak berbeda dengan standar
pertemuan bisnis. Meski demikian, sekolah-sekolah bisnis jarang membahas etika
para profesional dalam berbisnis.
Barbara Pachter, penulis buku 'The Essentials Of Business
Etiquette' menulis tentang sejumlah kemampuan khusus yang perlu dipahami para
profesional sebelum terjun ke dalam situasi bisnis tertentu.
Dia membahasnya secara terperinci mulai dari bagaimana seseorang
sebaiknya mengenalkan diri. Dari bukunya, berikut enam etika bisnis yang harus
dipahami dan dilakukan para profesional:
1.
Sebutkan
nama lengkap Anda
Dalam situasi bisnis, Anda sebaiknya menyebutkan
nama lengkap Anda saat berkenalan. Namun jika nama Anda terlalu panjang atau
sulit diucapkan, Anda lebih baik sedikit menyingkatnya.
2.
Berdirilah
saat memperkenalkan diri
Berdiri saat mengenalkan diri Anda akan
menegaskan kehadiran Anda. Jika kondisinya tidak memungkinkan Anda untuk
berdiri, setidaknya mundurkan kursi, dan sedikit membungkuk agar orang lain
menilai positif kesopanan Anda.
3.
Ucapkan
Terima Kasih secukupnya
Dalam percakapan bisnis dengan siapapun, bos
atau mitra perusahaan, Anda hanya perlu mengucapkan terima kasih satu atau dua
kali. Jika Anda mengatakannya berlebihan, orang lain akan memandang Anda sangat
memerlukannya dan sangat perlu bantuan.
4.
Sebarkan
ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis
Setelah Anda menyelesaikan pertemuan bisnis,
kirimkan ucapan terima kasih secara terpisah ke email pribadi rekan bisnis
Anda. Pengiriman lewat email sangat disarankan, mengingat waktu tibanya akan
lebih cepat.
5.
Jangan
duduk sambil menyilang kaki
Tak hanya wanita, para pria pun senang
menyilangkan kakinya saat duduk. Namun untuk kondisi kerja, posisi duduk
seperti ini cenderung tidak sopan. Selain itu, posisi duduk seperti ini juga
bisa berpengaruh negatif pada kesehatan Anda.
6.
Tuan
rumah yang harus membayar
Jika Anda mengundang rekan bisnis Anda untuk
makan di luar, maka Anda yang harus membayar tagihan. Lalu bagaimana jika Anda
seorang perempuan, sementara rekan bisnis atau klien Anda, laki-laki, dan ingin
membayar? Anda tetap harus menolaknya. Anda bisa mengatakan, perusahaan yang
membayarnya dan itu bukan uang pribadi Anda.
Source:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar