aku

aku

Kamis, 08 November 2012

Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Handphone


BAB I
PENDAHULUAN

I.        Latar Belakang

Pada era globalisasai ini, alat komunikasi sangat memiliki peran yang sangat penting karena dapat mempermudah dan memperlancar proses komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain, sehingga diperlukan adanya suatu alat atau teknologi sebagai perantara dalam berkomunikasi seperti teknologi telepon seluler atau yang lebih dikenal sebagai handphone. Teknologi seluler/handphone saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, handphone tidak lagi sebagai sarana komunikasi jarak jauh saja. Akan tetapi produk handphone dituntut untuk dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, hiburan bagi para penggunanya seperti koneksi internet, email, social networking, streaming, musik, video, mobil tv, games, dan fitur-fitur lainnya juga menjadi andalan para produsen pembuat handphone tersebut.
Disisi lain para konsumen dihadapkan berbagai macam pilihan produk yang ditawarkan oleh para produsen yang masing-masing berlomba melakukan inovasi produk dengan tipe, model dan teknologinya yang disesuaikan dengan kebutuhan profesi, gaya hidup dan minat atau hobi penggemarnya sehingga para konsumen mempunyai banyak pilihan akan teknologi telepon seluler/handphone ini. Dalam memilih produk handphone ini konsumen mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum membeli produk handphone.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil judul makalah ini ini adalah ”FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE”.

II.     Perumusan Masalah

Dalam makalah ini, penulis merumuskan masalah menjadi :
Ø   Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk?

III.   Tujuan dan Manfaat Penulisan

Tujuan penulisan yang hendak dicapai  dari penulisan makalah ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk handphone.
Adapun manfaat dari penulisan ini diharapakan dapat diketahui apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli produk handphone.

IV.  Metode Penelitian

Metode adalah cara yang dilakukan dalam proses penelitian sedangkan penelitian adalah sarana yang dipergunakan oleh manusia untuk memperkuat, membina serta mengembangkan ilmu pengetahuan. Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriftif analisis untuk mendapatkan data sekunder, berdasarkan analisis jurnal yang telah ada.

BAB II
PEMBAHASAN

Perkembangan teknologi telepon seluler/handphone ini dari hari ke hari semakin mengalami perkembangan yang pesat, sehingga menyebabkan para konsumen mempunyai pilihan yang banyak dalam menentukan produk yang akan dipilihnya. Berbagai produk handphone yang ditawarkan memiliki keunggulannya masing-masing tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa tetapi banyak fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh berbagai produsen dalam produk handphone ini.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone ini, yaitu :
1.      Kebutuhan
Kebutuhan akan teknologi komunikasi sekarang ini sangat penting bagi konsumen, karena ini dapat memberikan kemudahan dalam berbagai hal di zaman yang serba teknologi sekarang ini.
2.      Kualitas barang
Para konsumen sangat memperhatikan kuliatas akan barang yang ditawarkan, semakin bagus kualitas suatu produk handphone maka konsumen akan semakin senang atas produk tersebut.

3.      Harga
Harga juga menjadi pertimbangan bagi konsumen sebelum membelil produk handphone ini. Mendapatkan handphone yang sesuai dengan keinginan dan harga yang terjangkau akan sangat memuaskan para konsumen.

4.      Manfaat
Telepon seluler/handphone ini mempunyai manfaat yang banyak bagi penggunanya, tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi tetapi juga dapat berguna sebagai smartphone yang dapat memberikan kecepatan dalam teknologi informasi dan komunikasi.

5.      Iklan
Dalam memproduksi handphone ini, para produsen gencar mempromosikannya melalui iklan baik di media elektronik maupun media cetak, sehingga para konsumen dapat mengetahui produk handphone tersebut.

Berdasarkan uraian beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone ini, penulis memberikan contoh kasus yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli handphone, yaitu dari faktor manfaatnya. Sebagian besar para pengguna setia handphone sangat memperhatikan manfaat apa saja yang ada dalam produk handphone tersebut. Apabila memiliki manfaat tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, hiburan bagi para penggunanya seperti koneksi internet, email, social networking, streaming, musik, video, mobil tv, games, dan fitur-fitur lainnya maka akan sangat disukai oleh para konsumen.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

I.        KESIMPULAN

Teknologi komunikasi mempunyai peran yang sangat penting bagi banyak orang terutama handphone, karena dapat mempermudah akses komunikasi bagi banyak orang. Dalam pembelian ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum membeli handphone, yaitu dari segi kebutuhan, kualitas barang, harga, manfaat, dan iklan. Pada contoh kasus ini, salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone adalah dari segi manfaat handphone itu sendiri. Semakin banyak manfaat dari sebuah produk handphone maka konsumen akan semakin menggemari produk handphone tersebut.

II.     SARAN

Dari beberapa faktor yang memperngaruhi konsumen sebelum membeli produk handphone, penulis dapat memberikan saran yaitu para produsen handphone hendaknya dapat terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi handphone sehingga dapat memberikan manfaat lebih tidak hanya untuk komunikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar