PENDAHULUAN
I.
Latar
Belakang
Pada era globalisasai ini,
alat komunikasi sangat memiliki peran yang sangat penting karena dapat
mempermudah dan memperlancar proses komunikasi antara satu orang dengan orang
yang lain, sehingga diperlukan adanya suatu alat atau teknologi sebagai
perantara dalam berkomunikasi seperti teknologi telepon seluler atau yang lebih
dikenal sebagai handphone. Teknologi seluler/handphone saat ini mengalami
perkembangan yang sangat pesat, handphone tidak lagi sebagai sarana komunikasi
jarak jauh saja. Akan tetapi produk handphone dituntut untuk dapat memberikan
kemudahan, kenyamanan, hiburan bagi para penggunanya seperti koneksi internet,
email, social networking, streaming, musik, video, mobil tv, games, dan
fitur-fitur lainnya juga menjadi andalan para produsen pembuat handphone
tersebut.
Disisi lain para konsumen
dihadapkan berbagai macam pilihan produk yang ditawarkan oleh para produsen
yang masing-masing berlomba melakukan inovasi produk dengan tipe, model dan
teknologinya yang disesuaikan dengan kebutuhan profesi, gaya hidup dan minat
atau hobi penggemarnya sehingga para konsumen mempunyai banyak pilihan akan
teknologi telepon seluler/handphone ini. Dalam memilih produk handphone ini
konsumen mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum membeli
produk handphone.
Berdasarkan latar belakang tersebut,
penulis mengambil judul makalah ini ini adalah ”FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE”.
II. Perumusan Masalah
Dalam makalah ini, penulis merumuskan masalah
menjadi :
Ø Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam
membeli produk?
III. Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penulisan yang hendak
dicapai dari penulisan makalah ini untuk
mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk
handphone.
Adapun manfaat dari penulisan
ini diharapakan dapat diketahui apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen
sebelum membeli produk handphone.
IV. Metode Penelitian
Metode adalah cara yang
dilakukan dalam proses penelitian sedangkan penelitian adalah sarana yang
dipergunakan oleh manusia untuk memperkuat, membina serta mengembangkan ilmu
pengetahuan. Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode penelitian yang
bersifat deskriftif analisis untuk mendapatkan data sekunder, berdasarkan
analisis jurnal yang telah ada.
PEMBAHASAN
Perkembangan teknologi telepon
seluler/handphone ini dari hari ke hari semakin mengalami perkembangan yang
pesat, sehingga menyebabkan para konsumen mempunyai pilihan yang banyak dalam
menentukan produk yang akan dipilihnya. Berbagai produk handphone yang
ditawarkan memiliki keunggulannya masing-masing tidak hanya sebagai alat
komunikasi biasa tetapi banyak fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh berbagai
produsen dalam produk handphone ini.
Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone ini, yaitu :
1. Kebutuhan
Kebutuhan akan teknologi
komunikasi sekarang ini sangat penting bagi konsumen, karena ini dapat
memberikan kemudahan dalam berbagai hal di zaman yang serba teknologi sekarang
ini.
2. Kualitas barang
Para konsumen sangat
memperhatikan kuliatas akan barang yang ditawarkan, semakin bagus kualitas
suatu produk handphone maka konsumen akan semakin senang atas produk tersebut.
3. Harga
Harga juga menjadi
pertimbangan bagi konsumen sebelum membelil produk handphone ini. Mendapatkan
handphone yang sesuai dengan keinginan dan harga yang terjangkau akan sangat
memuaskan para konsumen.
4. Manfaat
Telepon seluler/handphone ini
mempunyai manfaat yang banyak bagi penggunanya, tidak hanya berguna sebagai
alat komunikasi tetapi juga dapat berguna sebagai smartphone yang dapat
memberikan kecepatan dalam teknologi informasi dan komunikasi.
5. Iklan
Dalam memproduksi handphone
ini, para produsen gencar mempromosikannya melalui iklan baik di media
elektronik maupun media cetak, sehingga para konsumen dapat mengetahui produk
handphone tersebut.
Berdasarkan uraian beberapa
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone ini, penulis
memberikan contoh kasus yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli
handphone, yaitu dari faktor manfaatnya. Sebagian besar para pengguna setia
handphone sangat memperhatikan manfaat apa saja yang ada dalam produk handphone
tersebut. Apabila memiliki manfaat tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi
juga dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, hiburan bagi para penggunanya
seperti koneksi internet, email, social networking, streaming, musik, video,
mobil tv, games, dan fitur-fitur lainnya maka akan sangat disukai oleh para
konsumen.
KESIMPULAN DAN
SARAN
I.
KESIMPULAN
Teknologi komunikasi mempunyai
peran yang sangat penting bagi banyak orang terutama handphone, karena dapat mempermudah
akses komunikasi bagi banyak orang. Dalam pembelian ini terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum membeli handphone, yaitu dari segi
kebutuhan, kualitas barang, harga, manfaat, dan iklan. Pada contoh kasus ini,
salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone adalah
dari segi manfaat handphone itu sendiri. Semakin banyak manfaat dari sebuah
produk handphone maka konsumen akan semakin menggemari produk handphone
tersebut.
II. SARAN
Dari beberapa faktor yang
memperngaruhi konsumen sebelum membeli produk handphone, penulis dapat
memberikan saran yaitu para produsen handphone hendaknya dapat terus berinovasi
dalam mengembangkan teknologi handphone sehingga dapat memberikan manfaat lebih
tidak hanya untuk komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar