1. Jelaskan tentang konsep manajemen dan manajer dilihat dari pengertian, fungsi, tingkatan, peran, dan keterampilan yang dibutuhkan!
Pengertian
Ø Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Ø Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen atau proses manajemen.
Fungsi
Ø Perencanaan (Planning), kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan.
Ø Pengorganisasian, kegiatan mengkoordinir sumberdaya, tugas dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.
Ø Pengarahan (Leading), kegiatan memberi pengarahan (directing), mempengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).
Ø Pengendalian (Controlling), kegiatan yang bertujuan untuk melihat apakah organisasi sesuai dengan rencana.
Tingkatan
Ø Berdasarkan Hirarki :
· Top Manajement (Manajemen Puncak) : bertanggung jawab terhadap organisasi secara keseluruhan; menentukan tujuan, strategi, dan kebijakan secara umum; menentukan keputusan-keputusan strategis.
· Middle level Management (Manajemen Menengah) : melaksanakan tujuan strategi, dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional.
· Lower Level/First Line (Manajemen Tk. Bawah) : mengawasi karyawan secara langsung, mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan.
Ø Berdasarkan Fungsi :
· Manajer Umum : mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus, bertanggung jawab terhadap aktivitas (pemasaran, keuangan, operasi) divisinya
· Manajer Fungsional : bertanggung jawab terhadap satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya yang dipusatkan oleh kesamaan tugas.
Peran
Ø Peranan Antar Pribadi
· Sebagai Pemuka Simbolis, misal menerima dan menjamu tamu, mengahadiri pernikahan karyawannya, upacara-upacara seremonial, dsb.
· Pemimpin, mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, nasehat kepada bawahannya.
· Perantara, berhubungan dengan pihak-pihak ekstern perusahaan, baik dalam mengadakan pertemuan, perwakilan, dsb.
Ø Peranan Informasional
· Monitoring aliran informasi yang ada baik ke dalam maupun ke luar perusahaan.
· Penerus informasi yang menyebarkan informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi lainnya dari luar perusahaan.
· Perwakilan, yaitu sebagai wakil perusahaan ke luar perusahaan baik sebagai warga negara biasa, mewakili dalam pengadilan dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya.
Ø Perananan Pembuatan Keputusan
· Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri.
· Penangkal Kesulitan, penanggulanngan pemogokan, pembatalan kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan, dsb.
· Pengalokasian Sumberdaya, kepada siapa, kapan, untuk apa dan bagaimana sumberdaya yang dipunyai dialokasikan.
· Negotiator, mengadakan perundingan-perundingan denga pihak lain.
Keterampilan
Ø Keterampilan Konseptual, yaitu keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
Ø Keterampilan Kemanusian, yaitu kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan memotivasi orang lain.
Ø Keterampilan administrasi yaitu kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan.
Ø Keterampilan teknik yaitu kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu.
2. Jelaskan hubungan antara manajer, manajemen, organisasi dengan lingkungan organisasi!
Ø Hubungan manajer, manajemen dan organisasi dengan lingkungan organisasi sangat berkaitan, dalam proses manajemen tidak lepas pada masalah lingkungan yang dialami oleh seorang manajer. Perbedaan dan kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap konsep dan teknik serta keputusan yang akan diambil. Sebagai seorang manajer tidak harus hanya memperhatikan lingkungan usahanya atau intern saja, tapi juga harus bisa mengantisipasi lingkungan di luar perusahaan atau ekstern.
3. Jelaskan perubahan-perubahan lingkungan apa saja yang terjadi dalam praktek manajemen sejak manajemen kuno sampai manajemen modern!
No | Dimensi | Manajemen Kuno | Manajemen Modern |
1. | Sifat Organisasi | Hirarki (Jenjang), manajemen masih bersifat hirarki (jenjang), kaku, kepemimpinan masih bersifat dari atas ke bawah | Networking (Jaringan), manajemen telah bersifat fleksibel, tidak kaku lagi. |
2. | Keluaran (output) organisasi | Market Share (memperbesar pangsa pasar), tanpa menciptakan produk baru. | Creation (produk baru), menciptakan produk baru yang bisa dipasarkan ke masyarakat |
3. | Pengambilan Keputusan | Institusi, dalam pengambilan keputusan hanya pimpinan tanpa melibatkan bawahan | Individu (empowerment), dalam pengambilan keputusan ikut memberdayakan bawahan. |
4. | | Kaku | Fleksibel |
5. | Kekuatan Organisasi | Stabilitas Organisasi, lebih pada bertahan. | Kemampuan Adaptasi, lebih untuk bisa bekembang dan bertahan |
6. | Orientasi Organisasi | Self Suffiancy, merasa hanya cukup untuk organisasi itu sendiri. | Interdepencies (saling ketergantungan) |
7. | Tujuan Organisasi | Perencanaan strategi dan tujuan yang ingin dicapai | Kualitas prima, organisasi bertujuan untuk mencapai kepuasan konsumen. |
8. | Orientasi Kepemimpinan | Tertumpu pada pandangan dogmatic (doktrin-doktrin) | Gaya kepemimpinan dervisi, mempunyai cita-cita jangka panjang |
9. | Kualitas Produk | Kurang maksimal menekankan tingginya kualitas produk | Kualitas produk prima/maksimal. |
10. | Orientasi Pegawai bekerja | Memperoleh rasa aman | Pengembangan diri |
11. | Oreintasi pegawai pada pekerjaan | Pengejaran status dan pangkat | Berbuat sesuatu yang berbeda melebihi prestasi. |
12. | Kekuatan Sumberdaya | Pemilikan uang tunai dalam jumlah yang besar | Pemilikan Informasi |
13. | Motivasi bekerja | Menyelesaikan Pekerjaan | Membangun sesuatu yang baru |
14. | Kultur Organisasi | Menghindari Organisasi (risk aversive) | Keberanian menghadapi resiko (risk prone) |
4. Jelaskan praktek manajemen yang dilaksanakan oleh pemerintah
Praktek manajemen di
Ø Bersifat budaya tradisional seperti solider organik, hierarkis, rukun dan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam mengembalikan keputusan (Astrid S. Susanto, 1980).
Ø Bersifat pragmatis, akusentris dan dalam beberapa tahun terakhir bersifat otokritik dan berpikir jangka pendek (Danandjaja, 1986).
Ø Bersifat rutin, formalistik, kurang tersentralisasi, kurang berkomunikasi tugas, umumnya lebih dikoordinasi melalui rencana daripada saling menyesuaikan, namun tidak selurhnya birokratis serta bersifat paternalistic dan otokritik (Budi Paramita, 1992).
5. Jelaskan manfaat apa yang diperoleh anda dalam mempelajari manajemen dalam kehidupan anda sekarang dan yang akan datang!
Ø Dengan mempelajari manajemen dapat mengemukakan asumsi yang masuk akal untuk menjelaskan hubungan antara dua fakta atau lebih yang dapat diamati serta dasar yang menyediakan dasar yang mantap untuk memperkirakan peristiwa pada masa depan.
Ø Dapat memberikan fokus yang mantap untuk memahami apa yang kita alami, dan untuk menentukan kriteria apa yang relevan
Ø Mempermudah kita berkomunikasi dengan efisien dan bergerak ke arah hubungan yang semakin lama semakin kompleks dengan orang lain.
Sangat membantu untuk mengerjakan responsi,thanks bget
BalasHapusSangat membantu kak. Terimakasih
BalasHapusAlhamdulillah sama persis.. trimakasih
BalasHapusAlhamdulillah sama persis.. trimakasih
BalasHapussalken saya dari prody manajemen bisnis syariah fakultas ekonomi bisnis islam
BalasHapusuin tulungagung